Transcription

UNSUR, PRINSIP,MODEL KOMUNIKASIFitri Rahmawati, MP.Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan BusanaFakultas Teknik UNYemail: fitri [email protected]

Unsur-unsur komunikasi Adalah yang membuat komunikasidapat berjalan Setiap unsur saling mempengaruhidan jika ada yang salah atauterganggu maka komunikasi dapatmengalami miscommunication atautidak efektif.

Unsur menurut Lasswell (awalkomunikasi) WhoSays whatIn which channelTo whomWith what effect

Perkembangan unsur: Source, sumber, encoder Communicator, encoder, sender,pengirim pesan Communican, audience, khalayak,decoder atau sasaran Message, pesan, content, informasi Channel, media, saluran, sarana, alat

5 Effect, pengaruh, dampak Feedback, umpan balik, tanggapan Noice, gangguan dan hambatan

MODEL KOMUNIKASIModel komunikasi memilikibeberapa fungsi, yaitu: mengorganisasi: mengatur danmenghubungkan data danmenunjukkan kesamaan danhubungan data yang tidak terlihatsebelumnya

7 Heuristic: menjadi pengantar untukmenuju fakta dan metode baru yangbelum dikenal Prediktif: untuk memastikan ya atautidak, kapan atau bagaimana Mengukur: seberapa banyak

8 Model komunikasi linier (Shannondan Weaver), terdiri dari 3 unsur:- sumber- pesan- penerima

9 Model interaksional, terdiri dari 5unsur:- sumber- pengirim- sinyal- saluran- penerima

10 Model transaksional: melibatkansemua unsur dan didalamnya adaproses kooperatif diantara parapelaku komunikasi, ada kerjasamadan berlangsung terus menerus.Faktor lain yang penting adalahverbal dan non verbal.

11 Tujuan komunikasi:- mengubah sikap- mengubah pendapat- mengubah perilaku- mengubah masyarakat

12 Tujuan komunikasi juga untuk:- to inform- persuasif- argumentatif- entertain

Prinsip komunikasi(Deddy Mulyana, 2005)PRINSIP 1 : KOMUNIKASI ADALAH SUATUPROSES SIMBOLIK Salah satu kelebihan manusia dari makhluk lain(hewan) adalah ia diberi kemampuan untukberfikir sehingga manusia mempunyaikemampuan untuk menggunakan lambang. Hal inilah yang membedakan manusia denganmakhluk lain, yaitu kemampuannya dalammenggunakan simbol (animal symbolicum).

14 Lambang atau simbol adalah sesuatu yangdigunakan untuk menunjuk sesuatu lainnya,berdasarkan kesepakatan sekelompok orang. Lambang meliputi kata-kata (pesan verbal),perilaku non verbal, dan objek yang maknanyadisepakati bersama. Kata kunci dari lambang atau simbol ini adalahadanya kesepakatan sekelompok orang, tanpaadanya kesepakatan tersebut maka simboltersebut tidak akan dapat dijadikan sebagaikomunikasi.

15PRINSIP 2: SETIAP PELAKU KOMUNIKASIMEMPUNYAI POTENSI KOMUNIKASI Setiap orang tidak bebas nilai, pada saat orangtersebut tidak bermaksud mengkomunikasikansesuatu, tetapi dimaknai oleh orang lain makaorang tersebut sudah terlibat dalam prosesberkomunikasi. Gerak tubuh, ekspresi wajah ( komunikasi nonverbal ) seseorang dapat dimaknai oleh oranglain menjadi suatu stimulus.

16 Kita tidak dapat berkomunikasi (We Cannot notcommunicate), tidak berarti bahwa semuaperilaku adalah komunikasi. Komunikasi terjadi bila seseorang memberimakna pada perilaku orang lain atau perilakunyasendiri.

17PRINSIP 3: KOMUNIKASI PUNYA DIMENSI ISIDAN DIMENSI HUBUNGAN Dimensi isi menunjukkan muatan (isi)komunikasi sedangkan dimensi hubunganmenunjukkan bagaimana cara mengatakannyadan mengisyaratkan, bagaimana hubungan parapeserta komunikasi dan bagaimana seharusnyapesan itu ditafsirkan. Dimensi isi disandi secara verbal sedangkandimensi hubungan disandi secara non verbal.

18PRINSIP 4: KOMUNIKASI ITU BERLANGSUNGDALAM BERBAGAI TINGKAT KESENGAJAAN. Komunikasi dilakukan manusia dari yang tidaksengaja hingga yang sengaja dan sadar sertaterencana melakukan komunikasi. Kesadaran akan lebih tinggi ketikaberkomunikasi dalam situasi-situasi khusus.

19PRINSIP 5: KOMUNIKASI TERJADI DALAMKONTEKS RUANG DAN WAKTU Pesan komunikasi yang dikirim oleh pihakkomunikan baik secara verbal maupun non-verbaldisesuaikan dengan tempat, dimana proseskomunikasi itu berlangsung, kepada siapa pesanitu dikirim dan kapan komunikasi itu berlangsung. Seseorang yang berkomunikasi akan menimbulkanmakna-makna tertentu, sedangkan makna tersebutberhubungan dengan konteks fisik/ruang, waktu,sosial, dan psikologis.

20PRINSIP 6: KOMUNIKASI MELIBATKANPREDIKSI PESERTA KOMUNIKASI Ketika orang-orang berkomunikasi, merekameramalkan efek perilaku komunikasi mereka. Dengan kata lain, komunikasi juga terikat olehaturan atau tatakrama. Artinya, orang-orang memilih strategi tertentuberdasarkan bagaimana orang yang menerimapesan akan merespon.

21 Prediksi ini tidak selalu disadari, dan seringbelangsung cepat. Kita dapat memprediksiperilaku komunikasi orang lain berdasarkanperansosialnya.

22 PRINSIP 7: KOMUNIKASI ITU BERSIFATSISTEMIK Komunikasi bersifat sistemik, yaitu menyangkut2 hal: internal dan eksternal. Internal adalah seluruh sistem nilai yang dibawaindividu ketika ia berpartisipasi dalamkomunikasi sehingga membentuk pribadi yangunik. Sistem internal adalah lingkungan sosial,keluarga, kelompok, dll.

23 Sistem, eksternal adalah unsurunsur diluar individu, seperti cahayaruang, kegaduhan, isyarat fisik,pilihan kata, dll.

24PRINSIP 8: SEMAKIN MIRIP LATAR BELAKANGSOSIAL BUDAYA SEMAKIN EFEKTIFLAHKOMUNIKASI Jika dua orang melakukan komunikasi berasaldari suku yang sama, pendidikan yang sama,maka ada kecenderungan dua pihak tersebutmempunyai bahan yang sama untukberkomunikasi. Komunikasi efektif: memiliki kesamaan persepsidan harapan

25PRINSIP 9: KOMUNIKASI BERSIFATNONSEKUENSIAL Proses komunikasi bersifat sirkular dalam artitidak berlangsung satu arah. Melibatkan respon atau tanggapan sebagai buktibahwa pesan yang dikirimkan itu diterima dandimengerti.

26PRINSIP 10: KOMUNIKASI BERSIFATPROSESUAL, DINAMIS DANTRANSAKSIONAL Konsekuensi dari prinsip bahwa komunikasiadalah sebuah proses adalah komunikasi itudinamis dan transaksional. Ada proses saling memberi dan menerimainformasi diantara pihak-pihak yang melakukankomunikasi.

27PRINSIP 11: KOMUNIKASI BERSIFATIRREVERSIBLE Setiap orang yang melakukan proseskomunikasi tidak dapat mengontrol sedemikianrupa terhadap efek yang ditimbulkan oleh pesanyang dikirimkan. Komunikasi tidak dapat ditarik kembali, jikaseseorang sudah berkata menyakiti orang lain,maka efek sakit hati tidak akan hilang begitu sajapada diri orang lain tersebut.

28PRINSIP 12: KOMUNIKASI BUKAN PANESEAUNTUK MENYELESAIKAN BERBAGAIMASALAH Dalam arti bahwa komunikasi bukan satusatunya obat mujarab yang dapat digunakanuntuk menyelesaikan masalah. Banyak persoalan dan konflik antar manusiadisebabkan oleh masalah komunikasi. Namunkomunikasi bukanlah panasea (obat mujarab)untuk menyelesaikan persoalan atau konflik itu,karena konflik atau persoalan tersebut mungkinberkaitan dengan masalah struktural.

29Sumber pustaka: Deddy Mulyana. 2005. Ilmu Komunikasi, SuatuPengantar. Penerbit Rosda Karya. Bandung. Rosmawaty H.P. 2010. Mengenal Ilmu Komunikasi.Penerbit Widya Padjajaran. Bandung. http://setiadarmawan.blogspot.com/2013/07

PRINSIP 1 : KOMUNIKASI ADALAH SUATU PROSES SIMBOLIK Salah satu kelebihan manusia dari makhluk lain (hewan) adalah ia diberi kemampuan untuk berfikir sehingga manusia mempunyai kemampuan untuk menggunakan lambang. Hal inilah yang membedakan manusia dengan makhluk lain, yaitu kemampuannya dalam menggunakan simbol (animal symbolicum).