Transcription

PENDIDIKAN JASMANIADAPTIFOleh : KomarudinFakultas Ilmu KeolahragaanUniversitas Negeri Yogyakarta

PEMBELAJARAN TERJADI KALAU ADA:1. KOMUNIKASI : TERJADI KALAUADA KESAMAAN PENGALAMAN.KOMUNIKASI YANG BAIK KALAUTERJADI DUA ARAH.2. PERUBAHAN PENGETAHUAN,KETERAMPILAN DAN SIKAP.

PEMBELAJARAN BISAAKTIF MEMERLUKAN1. Komitmen Siswa Dan Guru2. Tanggung jawab3. Motivasi

Pendekatan belajarO – 5 tahun drill5 – 11 tahun teach11 – dewasa awal membimbingDewasa matang - Cooperation

Salah pandangmasyarakat terhadapALB (anak luar biasa)1. Kutukan tuhan/dosa orang tuanya. (tidak benar)2. Tidak berguna, membebani dan tak perludididik.3. Bisa dihilangkan atau diperkecil jumlahnya.4. Disimpan dididik dan disekolahkan ditempatterpisah dengan anak lainnya.5. Anak istimewa, utusan Tuhan

Salah pandangmasyarakat terhadap PLB1. Menganggap PLB sama dengan SLB (tidakbenar)2. PLB hanya diberikan di SLB (tidak benar)3. PLB hanya kewajiban guru SLB (kurang benar)4. Pengetahuan PLB hanya diperlukan oleh guruSLB (tidak benar)

Pandangan yang seharusnya tentangSLB1. SLB bukan yang utama tetapi alternatif.2. Habitat ALB sama dengan anak pada umumnya.3. Perkembangan yang baik bila anak hidupdan tumbuh ditengah keluarga (habitatnya).4. Indonesia telah menandatangani konfensiinternasional (Salamanka statement) yang berisiEducation for all (EFA)

Pembelajaran Adaptif MetodologiPLB Pembelajaran biasa yang dimodifikasi Dirancang Sesuai karakteristik fisik danpsikologis ALB. Penuhi kebutuhan pendidikan ALB

PENDIDIKAN LUAR BIASAPLBKELAS KHUSUSPROGRAM KHUSUSLAYANAN KHUSUSDIRANCANGPENUHI KEBUTUHAN PEND.ALBKELAINANFISIK1. TUNANETRA2. TUNARUNGU3. TUNADAKSAMENTAL4. TUNAGRAHITA5. GIFTED-BERBAKAT6. TUNAGANDA7. .LEARNING DISABILITYMENGHAMBATMEMBUTUHKANPLBALB CAPAI POTENSISDM OPTIMALKEATAS - KEBAWAHPOSITIF - NEGATIFSOSIAL7. TUNALARAS / NAKAL

Layanan PLBRESIDENTIAL INSTITUTIONHOME BOUND INSTRUCTIONSEGREGATED DAY SCHOOLFULL TIME SPECIAL CLASS IN REGULAR SCHOOLPART TIME CLASS IN REGULAR SCHOOLREGULAR CLASS PLACEMENT WITH RELATED SERVISESREGULAR CLASS PLACEMENT

Anak Luar Biasa

Panggilan Anak Luar Biasa Impairment Disability Handicap

Impairment Berkelainan Berhubungandengan penyakit kelainan padajaringan

DisabilityBerhubungan dengan: Pengurangan fungsi Tidak adanya bagiantubuh tertentu

Handicap CacatBerhubungan dengan: Kelainan Ketidak mampuanseseorang Nampak bilaberinteraksi denganorang lain

Penggeseran Cara Pandangterhadap Penyandang Cacat Tidak berguna Dikasihani Dapat dididik/dilatih Tidak berbeda dengan yang tidak cacat

Deklarasi Hak Azasi ManusiaPenyandang Cacat Setiap Manusia diciptakan sama, dandiberi perlindungan oleh penciptanyasehingga ia berhak untuk hidup, bebasdan bahagia. Berdasarkan potensinya makapenyandang cacat memiliki hak asasi

Deklarasi Hak Azasi Penyandang CacatBerdasarkan potensinya maka penyandang cacatberhak untuk :1. The Right to Educated oneself (hak untuk mendidikdiri sendiri.2. The Right to an Occupation or Profession (Hakpekerjaan dan profesi)3. The Right to Maintain Health and Physical WellBeing (Hak mengatur kesehatan dan hidup baik)4. The Right to Independent Living (Hak HidupMandiri)5. The Right to Love (Hak kasih sayang)

Pengelompokan ALB Problem sensorimotor Perbedaan Individu dalam belajar dantingkah laku

Pengelompokan ALBProblem Sensori Motor: Perbedaan Individu dalambelajar dan tingkah laku Hearing disorder Visually Impairments Mental Retardation's Physically Disabilities Learning Disabilities Behavior disorders Severe and Profoundhandicaps Gifted and talented

Penyebab ALB Pre Natal Natal Post Natal

TUNANETRA 90% JUMLAH TUNANETRA MEMILIKISISA PENGLIHATAN, 10% BUTATOTAL Lebih dari 50% tunanetra masih bisamenggunakan matanya untuk membaca danmenulis huruf awas.

TUNANETRABUTA TOTAL yaitutidak memilikipersepsi cahaya (tidakbisa membedakanterang dan gelap.POPULASINYA 10% PUNYA SISA daribisa membedakanterang dan gelapsampai bisa membacahuruf cetak standar. POPULASINYA 90% Pada saat ini disebutLow Vision, Lebih 50% bisa bacatulis awas.

A. PENGELOMPOKAN TUNANETRA Mereka mampu membaca cetakan standart.Mampu membaca cetakan standart denganmenggunakan kaca pembesar.Mampu membaca cetakan besar (ukuran HurufNo. 18).Mampu membaca cetakan kombinasi cetakanregular dan cetakan besar.Membaca cetakan besar dengan menggunakankaca pembesar.Menggunakan Braille tapi masih bisa melihatcahaya (sangat berguna untuk mobilitas).Menggunakan Braille tetapi tidak punya persepsicahaya.

Tunanetra Belajar IPATunanetra bermain catur

Rekreasi

Bermain Dengan Orang Awas

Keterbatasan Kebutuhan PembelajaranTunanetra1. Keterbatasan dalam konsep dan pengalamanbaru.2. Keterbatasan dalam berinteraksi denganlingkungan3. Keterbatasan dalam mobilitas.Pembelajaran: Kebutuhan akan pengalaman kongkrit. Kebutuhan akan pengalaman memadukan Kebutuhan akan berbuat dan bekerja dalambelajar.

B. TunarunguCiri - ciri Artikulasi bicaranya jelek.Pertanyaan yang mudah kurang tepat jawabannya.Sering mengeluh tentang sakit telinganyaPada situasi bicara biasa anak sering salah dalammerespon dan perhatiannya.Mendengar lebih jelas bila menghadapkan mukanyakepada yang diajak bicara.Sering meminta diulangi apa yang diucapkanpembicara.Bila mendengarkan radio ia sering memutar keraskeras dan untuk orang normal sudah melebihi batas.

Mengembangkan Bahasa

Penglihatan Dan PendengaranTertuju Pada Guru

Belajar Artikulasi

Anak Tuli Meniru Gerakan Mulut GuruMelalui Cermin

Saran untuk guru Dalam berbicara jangan membelakangi anak. Anak hendaknya berada ditengah kelas dan paling depansupaya mudah membaca bibir guru. Bila telinganya hanya satu yang tuli tempatkan anaksehingga telinga yang baik berada dekat dengan guru. Perhatikan posture anak, sering anak meggelengkan kepalauntuk mendengarkan. Dorong anak untuk selalu memperhatikan wajah guru danguru dalam bicara dengan anak hendaknya berhadapan danbila memungkinkan sejara dengan kepala anak. Guru bicara dengan volume biasa tetapi gerakan bibirnyaharus jelas.

Tunagrahita: Keterbelakangan mental yang biasa dikenaldengan anak tunagrahita biasanyadihubungkan dengan tingkat kecerdasanseseorang. Tingkat kecerdasan secara umumbiasanya diukur melalui tes Inteligensi yanghasilnya disebut dengan IQ (intelligencequotient).

Live Skill Sangat Penting Bagi AnakTunagrahita

Belajar Berkebun

KARAKTERISTIK PEMBELAJARTUNAGRAHITA1.Dalam belajar keterampilan membaca, Keterampilanmotorik, keterampilan lainnya adalah sama seperti anaknormal pada umumnya.2. Perbedaan Tunagrahita dalam mempelajari keterampilanterletak pada karakterustik belajarnya.Perbedaan Karakteristik belajar anak tunagrahita dalam 3daerah yaitu:1. Tingkat kemahirannya dalam keterampilan tersebut.2. Generalisasi dan tranfer keterampilan yang barudiperoleh.3. Perhatiannya terhadap tugas tugas.

PENGERTIAN TUNADAKSA Dari segi fungsi fisik, tunandaksadiartikan sebagai seseorang yang fisik dankesehatannya mengalami masalahsehingga menghasilkan kelainan didalamberinteraksi dengan lingkungan sosialnyadan untuk meningkatkan fungsinyadiperlukan program dan layanan khusus.

Kursi Roda Alat Bantu MobilitasBersekolah Di Sekolah Reguler

Yang perlu diketahui guru Segi Medisnya.Bagaimana bepergiannya,Bagaimana komunikasinya.Bagaimana perawatan dirinya.Bagaimana posisnya.

Tunalaras atau behavioral disorders Kelainan tingkah laku ditetapkan bilamengandung unsur: Bila tingkah laku anak menyimpang daristandart yang diterima umum. Derajat penyimpangan tingkah laku daristandart (Exstrim). Lamanya waktu pola tingkahlaku itudilakukan.

Hal yang perlu diperhatikan guru adalah: Mengingat kelainan tingkah laku ini banyakdisebabkan oleh lingkungan maka penataanlingkungan merupakan salah satu pendekatan yangperlu diperhatikan oleh guru. Kita setuju bahwa kelainan tingkah lakudisebabkan oleh anak itu sendiri tetapi mungkindisebabkan oleh guru itu sendiri atau hasilinteraksi antara guru dan anak. Assessment dari masalah tingkah laku, situasimasalah, lingkungan anak, harus diselesaikan dulubila ingin mengatasi masalah kelainan tingkahlaku pada anak.

Anak gifted Anak gifted ditandai oleh tingginya kemampuanintelektualnya.Tingginya kemampuan intelektuanya ditandai dengan:Mengingat dan menguasai dengan cepat apa yangdipelajari.Dapat membaca diumur yang sangat muda danpemahaman yang superior.Dapat melihat hubungan antar ide.Memiliki perbendaharaan kata yang tinggi.Anak yang tergolong gifted tidak hanya memilikikemampuan intelektual yang tinggi tetapi juga harusmemiliki kretifitas yang tinggi pula.

Talented Disamping anak tergolong gifted terdapatperbedaan dengan anak talented.Anak talented adalah anak yang memilikikemapuan yang tinggi dalam bidangtertentu, misalnya hanya dalam bidangmatematik, Ilmu pengetahuan alam,bahasa, kepemimpinan, kemampuanpsychomotor, penampilan seni.

Pelayanan anak gifted dan talented Horisontal program yaitu:1. Mengembangkan kemampuan explorasi.2. Mengembangkan pengayakan dalam arti diperdalam dengan hal-halyang ada diluar kurikulum biasa.3. Executiv intensive dalam arti memberikan kesempatan untukmengikuti program intensif bidang tertentu yang diminati sampaimendalam dalam waktu tertentu. Vertical program yaitu:1. acceleration, percepatan/ maju berkelanjutan dalam mengikutiprogram yang sesuai dengan kemampuannya, dan jangan dibatasi olehjumlah waktu, atau tingkatan kelas.2. Independent study, biarkan anak untruk belajar dan menjelajahi sendiribidang yang diminati.3. Mentorship, padukan antara yang diminati anak gifted dan talenteddengan ahlinya yang ada dimasyarakat.

Learning Disability. Kurangnya fungsi suatu organ untuk belajardisebut learning disability.Ketidak cocokan antara apa yang seharusnyaanak bisa dengan apa yang secara kenyataandikerjakan.Kecerdasan diatas rata rata dan ada ketidakmampuan mewujutkan tulisan, ucapan atauhitungan.Jumlahnya lebih kurang 5 – 10% di SD

Modifikasi Pembelajaran Adaptif Kurikulumnya (total/sebagian)Strategi belajarnya (diganti/disesuaikan)Materi dan alatnya (Medianya)Pengaturan Kelasnya (Tehnik pembelajaran)Lingkungan (Arsitektur dan Sarana fisik)

Mengapa penjas adaptif1.2.a.b.c.d.e.f.Education For AllKeuntungan yang didapat dari penjasPhysical benefitsMotor benefitsFitness benefitsEmotional benefitsSocial benefitsCognitive benefits

Tiga bentuk penjas bagi ALB1. Adaptive Physical Education2. Corrective Physical Education3. Developmental Physical Education

Dalam penjas perlu dimodifikasi1.2.3.4.ATURAN AKTIVITASNYA.TEHNIK KETERAMPILANNYA.TEHNIK MENGAJARNYA.LINGKUNGAN TERMASUK RUANG,FASILITAS DAN ALATNYA.

Apa yang dirancang untuk penuhikebutuhan pendidikan jasmani ALB: Kelas / lokasi tempat pembelajaran Program pembelajaran Layanan pembelajaran

Hal Yang Perlu diingat tentangpenyandang cacat1. Dia adalah orang seperti yang lain2. Rilek bila anda tidak tahu apa yang harusdilakukan dan katakan. Anda akan menemukan.3. Beri perhatian dengan bersahabat.4. Beri bantuan bila ia meminta ataumembutuhkan.5. Bimbinglai ia dengan harapan yang realistik6. Hargai apa yang ia bisa.7. Iangat ia membutuhkan waktu lebih untukmenyelesaikan sesuatu.

lanjutan8 Ingat semua memiliki kekurangan9 Bicaralah langsung jangan melalui perantara.10 Jangan pindahkan korsi roda dan tongkat diluarjangkauannya.11 Jangan dorong korsi roda tanpa menanyakanlebih dulu.12 Bila mendorong kursi roda di berbagai situasitanyakan apa maunya dia.13 Jangan terburu buru bila menghadapi anakkesulitan bicara.14 Bicara dengan kalem, lambat dan jelas dan tidakmembelakangi anak tuli.

Lanjutan15 Biarkan anak tunanetra memegang lengananda bila ia akan berjalan bersama anda.16 Bicara dengan bahasa yang sederhana bilabicara dengan anak tunagrahita.17 Bertanyalah dengan kalimat pendek padaanak tunagrahita.

Mengapa penjas adaptif 1. Education For All 2. Keuntungan yang didapat dari penjas a. Physical benefits b. Motor benefits c. Fitness benefits d. Emotional benefits e. Social benefits f.